Login |  Register




Post new topic Reply to topic  [ 27 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3  Next
Author Message
 Post subject: Re: Aturan publikasi foto
PostPosted: 25 Feb 2010, 19:43 
User avatar
Joined: 26 Apr 2009, 22:47
Location: jakarta
Posts: 71
Terverifikasi
nah ini dia yang juga menjadi kekhawatiran selama ini. jadinya pas mau ambil foto sesuatu suka ragu-ragu. boleh..ngga...boleh...ngga :? :? .jadi belum framing apalagi nekan shutter sudah ada beban pikiran. ini mungkin untuk motret obyek di outdoor kali ya semacam street hunting


Profile E-mail Offline WWW
 
 Post subject: Re: Aturan publikasi foto
PostPosted: 25 Feb 2010, 22:42 
Joined: 24 Nov 2009, 22:44
Posts: 66
Sersan
Topik keren nih.... Mau sekalian tanya pak.. Kalo untuk foto gedung ato bangunan sebenernya ada aturan khusus ato nggak ya?? Sebab sy pernah d tegur satpam waktu foto gedung d daerah sudirman... tu satpam galaknya minta ampun.... akhirnya sy ngalah, dalam hati sy ngedumel percuma banget bikin bangunan cakep2 kalo gak boleh d foto/ d nikmatin... mending d karungin aja sekalian tu gedung kalo gak boleh di foto.... Mohon pencerahannya pak...


Profile E-mail Offline
 
 Post subject: Re: Aturan publikasi foto
PostPosted: 25 Feb 2010, 23:32 
User avatar
Joined: 29 Sep 2009, 21:09
Location: asli jogja, numpang cari makan di jakarta...
Posts: 1023
Mayor
kalau bangunan dan gedung biasanya urusannya sama hak cipta om..
ada ornamen atau bentuk-bentuk gedung yang sudah didaftarkan hak ciptanya.. nah, masalahnya adalah kita tidak tahu yang mana yang didaftarkan, yang mana yang tidak..
ini biasanya akan menjadi bermasalah kalau fotonya dikomersilkan..

_________________
st. eko a.
http://janurgunung.wordpress.com


Profile E-mail Offline WWW
 
 Post subject: Re: Aturan publikasi foto
PostPosted: 26 Feb 2010, 11:02 
Joined: 23 Jan 2010, 22:03
Location: Serpong, Tangerang-Banten
Posts: 9
Prajurit
zaki wrote:
Topik keren nih.... Mau sekalian tanya pak.. Kalo untuk foto gedung ato bangunan sebenernya ada aturan khusus ato nggak ya?? Sebab sy pernah d tegur satpam waktu foto gedung d daerah sudirman... tu satpam galaknya minta ampun.... akhirnya sy ngalah, dalam hati sy ngedumel percuma banget bikin bangunan cakep2 kalo gak boleh d foto/ d nikmatin... mending d karungin aja sekalian tu gedung kalo gak boleh di foto.... Mohon pencerahannya pak...


Hehehe..itu masalah yang sering di alami oleh banyak photographer dan videographer non journalist/wartawan. Saya tidak tahu aturan umum yang berlaku di Jakarta, mungkin kalo ada yg punya bisa di share, supaya aktivitas motret bisa lancar dan bahagia :D

Tapi memang 'penguasa' dan 'pengurus' sebuah wilayah, baik itu berupa gedung dan taman publik bisa mengambil tindakan untuk menolak perekaman gambar, baik itu gambar diam maupun gambar bergerak. Penolakan tersebut tidak perlu alasan apapun. Kedengarannya menjengkelkan memang, tapi itu kenyataannya. :(

Yang menggembirakan adalah, bukan hanya mereka yang memiliki hak, tetapi photographer juga memiliki hak mengabadikan apapun yang menurut subyektifitas mereka layak dan pantas di abadikan. Ingat profesi Paparazzi tidak pernah dianggap sebagai profesi kriminal. 8-)
Salah satu trik taktis dalam memotret wilayah private adalah memotret dari luar wilayah private. Wilayah private yg dimiliki oleh hampir semua gedung di Jakarta adalah hingga trotoar. Jadi potret lah dari seberang jalan. Jika satpam menghampiri, langsung kabur. Karena tidak mungkin ada harapan 'berdiskusi' tentang hukum dengan satpam. Kalau di pukul satpam, laporkan ke polisi, ini gunanya punya temen pengacara. :lol:


Profile E-mail Offline
 
 Post subject: Re: Aturan publikasi foto
PostPosted: 02 Mar 2010, 10:38 
User avatar
Joined: 26 Nov 2009, 16:48
Location: Jakarta - Palembang
Posts: 27
Kopral
nice topic, nyimak terus ah :)

_________________
we make it visible


Profile E-mail Offline
 
 Post subject: Re: Aturan publikasi foto
PostPosted: 02 Mar 2010, 10:48 
User avatar
Joined: 18 Jul 2009, 20:01
Location: seputar bundaran HI
Posts: 134
Terverifikasi
zaki wrote:
Topik keren nih.... Mau sekalian tanya pak.. Kalo untuk foto gedung ato bangunan sebenernya ada aturan khusus ato nggak ya?? Sebab sy pernah d tegur satpam waktu foto gedung d daerah sudirman... tu satpam galaknya minta ampun.... akhirnya sy ngalah, dalam hati sy ngedumel percuma banget bikin bangunan cakep2 kalo gak boleh d foto/ d nikmatin... mending d karungin aja sekalian tu gedung kalo gak boleh di foto.... Mohon pencerahannya pak...



kalau motret exteriornya sih boleh-boleh saja mas, dengan tujuan hanya untuk dokumentasi pribadi. tapi kalau interior ya karena setiap tuan rumah memiliki aturannya sendiri-sendiri, dan setahu saya semua interior harus ijin terlebih dahulu, monggo urus ijin dahulu lah.
bikin bangunan cakep-cakep kan tidak harus selalu difoto kan? dinikmati dengan mata telanjang juga sah-sah saja kok.
pendek kata, setiap rumah pasti ada aturannya sendiri-sendiri dan patuhilah itu

_________________
Buat karya, baru bicara
-anton widodo-


Profile E-mail Offline WWW
 
 Post subject: Re: Aturan publikasi foto
PostPosted: 02 Mar 2010, 21:28 
Joined: 24 Nov 2009, 22:44
Posts: 66
Sersan
ohhhh jadi gitu ya om..... wah berarti tu satpam bener ya.... aku nya yg salah..... maap ya pak satpam, janji sy gak gangguin gedung om satpam lagi..... pisss yak.... makasih untuk om semua yg sdh menyadarkan saya... I love lensamanual.... Salamm...


Profile E-mail Offline
 
 Post subject: Re: Aturan publikasi foto
PostPosted: 02 Mar 2010, 22:16 
User avatar
Joined: 25 Mar 2009, 22:45
Location: Bandung, Indonesia
Posts: 364
Letnan
Mungkin klo moto satu gedung tertentu sepertinya memang kurang aman. Barangkali lebih aman klo moto kumpulan gedung2, jadinya kesan yang ditangkep yang perkotaan, bukan satu gedung tertentu.

_________________
REdiscovering Beauty


Profile E-mail Offline WWW
 
 Post subject: Re: Aturan publikasi foto
PostPosted: 02 Mar 2010, 23:03 
User avatar
Joined: 19 Nov 2009, 10:30
Location: Serpong, Tangerang
Posts: 1407
Terverifikasi
eddyrakhman wrote:
Mungkin klo moto satu gedung tertentu sepertinya memang kurang aman. Barangkali lebih aman klo moto kumpulan gedung2, jadinya kesan yang ditangkep yang perkotaan, bukan satu gedung tertentu.


Setujuh sama om Eddy, jadi-nya moto cityscape ngeetu........jadi tidak bisa dibilang melanggar HAKI... :lol:

_________________
Salam LM
Joseph
Sony Alpha 580 [Naturalist]


Profile E-mail Offline WWW
 
 Post subject: Re: Aturan publikasi foto
PostPosted: 19 Sep 2010, 15:47 
Joined: 13 May 2010, 09:54
Posts: 2
Prajurit
tapi emang sepertinya aturan2 yg kyak gtu d indonesia emang blm ada kan?
klo d luar negri satau saya emang hrs mnta izin sm si objek,alih2 mnta tanda tangannya biar ga jd masalah d kemudian harinya...
mngkn klo d indonesia smua hal tsb tergantung dari etikanya yg moto jg kali ya :?:


Profile E-mail Offline
 

Display posts from previous:  Sort by  

Post new topic Reply to topic  [ 27 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3  Next


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests

Panel

Top You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum
Search for:
Jump to:  
 cron