Login |  Register




Post new topic Reply to topic  [ 107 posts ]  Go to page Previous  1 ... 7, 8, 9, 10, 11  Next
Author Message
 Post subject: Re: Efek psikologis dari lensa manual
PostPosted: 22 Oct 2010, 18:37 
Joined: 27 Jan 2010, 00:42
Location: JAKARTA
Posts: 123
Letnan
rudyp wrote:
:D Om, saya juga baru keracunan nih ..gara-garanya saya iseng beli adapter OM to EOS , saya pakai EOS 1000D , nyoba lensa OM Zuiko 50mm f/1.4 weleh2 setelah itu kok ya rasanya emang beda...hehehehe nih yang saya rasakan :
1. Nyari fokus lama.
2. Kalau fokusnya dapat , hasil lebih tajem daripada lensa2 digital ..
3. Sensasi beda kalau motret make lensa manual ...
Jadinya sekarang saya lagi nyari2 lensa manual yang wide ..atau makro ..kalau bisa sih lensa2 olympus ajah dah ..biar gak nyari2 lagi adapternya...

wkakakakaka nih ada hasil fotonya


hehehe setuju banget sm masRudy nieh ku awal pk2 lensa manual.


Profile E-mail Offline
 
 Post subject: Re: Efek psikologis dari lensa manual
PostPosted: 03 Nov 2010, 01:59 
Joined: 12 Oct 2010, 19:47
Posts: 43
Kopral

[2]

setelah nyobain lensa manual, efek yang paling berasa adalah.....jadi pengen belanja terus :D , motret jarang tapi selalu ubek ubek bursa buat cari beling tua :D

_________________
i'm takumar lover


Profile E-mail Offline
 
 Post subject: Re: Efek psikologis dari lensa manual
PostPosted: 09 Nov 2010, 10:56 
Joined: 02 Sep 2010, 21:16
Location: Jakarta Utara
Posts: 297
Letnan
Muncul setelah lurking… maaf kalau ada kata^2 yang terlalu jadi harimau buat saya sendiri.

Soal racun lensa sih harusnya gak kebatas di lensa manual kan. Yang pemakai lensa auto juga ada banyak godaan beli lensanya mereka. Jadi intinya, lensa itu sendiri udah racun, tinggal lebih efektif ke jenis orang gimana aja (racun lensa manual kurang mempan ke yang demen auto, dan sebaliknya) :D

Efek psikologisnya (terlepas dari kualitas hasil lensanya), kayak petuah yang nyuruh nyoba sendiri pakai cara susah. Mungkin emang manusia kepalanya dibikin aneh kayak gitu sama yang di atas.
Ada persepsi sesuatu yang dilakukan dengan lebih susah itu lebih baik. Selain itu, “nggak semua orang bisa” daripada auto yang “siapa aja bisa” (menggampangkan?). Dari situ, lahir rasa bangga sama diri sendiri dan pilihan sendiri.
Lainnya, untuk lensa tua dan yang kamera tua, selain rasa retro dan mekaniknya itu, ada juga kesan nostalgia jaman dulu. Entah kenapa, jaman dulu itu kerasa lebih penuh romantika.


Dulu waktu masih pake kamera abal-abal, kalau liat yang pake kamera tua atau lensa antik justru gak mandang remeh lho. Seperti liat pemakai mobil antik, malah terkesan kaya dan nyeni dan ingin beda.


Profile E-mail Offline WWW
 
 Post subject: Re: Efek psikologis dari lensa manual
PostPosted: 15 Nov 2010, 09:58 
Joined: 20 Feb 2010, 12:22
Posts: 311
Terverifikasi
Efek yg paling kerasa untuk saya adalah timbul keberanian untuk 'ngerusak' lensa :d
(Doktrin dari om blay 'selama masih dari besi dan non elektrikal,ga usah takut BONGKAR')
Coba kalo main AF,apa berani bongkar lensa untuk bersihin jamur...?heheehehehehe...
Apalagi kalo bisa men-restorasi lensa kondisi sakit parah akut stadium 4,jadi sehat dan terlihat muda kembali..wiiiiih rasanya puas bgt (walopun ga sempet dipake hunting juga krn keburu diteror kebutuhan perut :lol:)
Mungkin di komunitas pencinta AF bahasannya hanya seputaran kehebatan optik lensa A,ketajaman lensa B,kecepatan AF lensa C...
Hampir sama dgn komunitas pecinta AF,di komunitas lensa manual pun ada bahasan kualitas optik (kecuali bahasan kecepatan respon AF:D) hanya pencinta manula sedikit lebih 'kaya'...ada pembahasan modif lensa, misalnya kanibalisasi optik dari 2 merk lensa dalam satu modul yg hasil fotonya jadi unik (ga akan pernah ditemui di komunitas pencinta AF).
Contoh paling gampangnya sih di lensa manual ada yg namanya swirly bokeh,di AF ga ada.
Ini aja udah suatu nuansa yg beda ketika org nyoba lensa manual...dalem hati 'kok bisa muter ya bokehnya' :d

Maaf ya bukannya mau sok2an bangga2in lensa manual..
Abis AF mahal2 sih hahahahahaha........
Lensa manual aja msh banyak yg blm mampu ke beli,apalagi nyang AF...(Ini udah alasan yg paling realistis untuk saya,knp saya lebih tertarik main di manual)

_________________
LIVING IN 'EVERYDAY IS SUNDAY' WORLD


Profile E-mail Offline
 
 Post subject: Re: Efek psikologis dari lensa manual
PostPosted: 19 Nov 2010, 10:42 
User avatar
Joined: 07 Apr 2010, 12:26
Location: Surabaya
Posts: 577
Terverifikasi
saya belum berani kalo ake manual buat kerja... ntar clientnya ngomel2.... lama banget mas.... ntar keburu garing nich mulut...


:mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

_________________
Demi Manual, q rela berburu ke LUAR NEGERI


Profile  Offline
 
 Post subject: Re: Efek psikologis dari lensa manual
PostPosted: 19 Nov 2010, 10:52 
User avatar
Joined: 20 Sep 2010, 00:33
Location: Purwokerto
Posts: 493
Terverifikasi
kalau buat saya yg masih mahasiswa sih efek make lensa manual bisa bikin karya yang berbeda dari menggunakan lensa kit (baru punya lensa itu jg biasanya dipake buat strobist hehe..) dan yang pasti harganya gak semahal lensa AF jadi belinya bisa sesuai dg kantong hehehe....
alhmdulilah skrng udah pny 3 lensa manual murahan dan masih bermimpi suatu saat bisa punya lensa manual yang melegenda...aminnn

_________________
Apapun sensornya lensanya tetap manual... :lol:


Profile E-mail Offline WWW
 
 Post subject: Re: Efek psikologis dari lensa manual
PostPosted: 19 Nov 2010, 14:14 
User avatar
Joined: 03 Feb 2010, 11:13
Location: Kab. Bogor
Posts: 379
Terverifikasi
Sebelumnya sudah punya minolta AF dan fm2n, lalu keracunan beli OM-1. Gara-gara main lama di manual, ketika beli DSLR cuma body only.
Efeknya pakai manual, puas saja kalau dapat gambar tajam sekaligus bokehnya OK, tapi belum bisa, hehehehe...
Hobby belanja lensa jadi bertambah sejak ada DSLR namun pada titik tertentu harus dijual lagi, hiks... Sekarang mulai lirik lensa-2 yang bisa dipakai di DSLR sekaligus fm2n/OM-1...

_________________
keep focus manually with manula lens...


Profile E-mail Offline
 
 Post subject: Re: Efek psikologis dari lensa manual
PostPosted: 25 Nov 2010, 10:04 
Joined: 25 Aug 2010, 00:19
Location: Di Bundaran Bumi dan Sangat Jauh dari Tanah Palestina
Posts: 248
VIP

[2]

manual merubah segalanya.....
gatel mata...gatel kantong...gatel muterin fokus.
kita ga aneh tau....justru yang aneh orang diluar sana yang ngeliat kita aneh...
heheheehheheheh :D

_________________
I do not worrying about the future. I am not altogether on anybody's side,because nobody is altogether on my side
-Treebeard-


Profile E-mail Offline
 
 Post subject: Re: Efek psikologis dari lensa manual
PostPosted: 26 Nov 2010, 13:04 
User avatar
Joined: 10 Nov 2010, 15:03
Location: Jak Pus
Posts: 54
Terverifikasi
pakumar wrote:
setelah nyobain lensa manual, efek yang paling berasa adalah.....jadi pengen belanja terus :D , motret jarang tapi selalu ubek ubek bursa buat cari beling tua :D



Hehehe.. sama donk ama gw.. pengen belanja lensa terus.. nongkrongin ebay ama bursa onlen.. dah punya banyak tp jarang dipake... skrg koleksi lensanya malah lebih mahalan drpd body kamera... hihii..

sensasi yg paling kerasa adalah kalo waktu jepret bisa fokus sesuai keinginan.. rasanya gimana gitu...

sementara ini coba mengerem beli lensa ah... (kmaren baru aja order Sigma Mini Wide II 28/2.8).. huaaaa...

_________________
My Photostream On Flickr


Profile E-mail Offline
 
 Post subject: Re: Efek psikologis dari lensa manual
PostPosted: 26 Nov 2010, 15:03 
Joined: 08 Nov 2010, 11:14
Posts: 5
Prajurit
nubie mo nyumbang pengalaman..
jujur pertama pake lens manual tu susahny minta ampun..mpe pengen nubie buang aj..

kemaren2 nyoba pake lagi..ternyata ada positifny juga,,coz kita bisa ngatur diafragma dgn lebih baik (lebih kerasa soalny)....

eh bis ntu malah jadi ketagihan pake lensa manual de..yah walaupun fokusny lama..pi klo hasilny bagus..buset..bangga setengah mati euy...

skalian buat para suhu..nubie mohon saranny,klo mo buat potrait / modeling enakny pake lens ap y??

salam lensa manual..


Profile E-mail Offline
 

Display posts from previous:  Sort by  

Post new topic Reply to topic  [ 107 posts ]  Go to page Previous  1 ... 7, 8, 9, 10, 11  Next


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest

Panel

Top You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum
Search for:
Jump to:  
 cron